PERBEDAAN UNIVERSITAS, POLIKTENIK, INSTITUT, AKADEMI DAN SEKOLAH TINGGI BERSERTA JURUSAN & GELARNNYA. - pemuda bebas berkarya

Breaking

post

recent/hot-posts

Friday, July 26, 2019

PERBEDAAN UNIVERSITAS, POLIKTENIK, INSTITUT, AKADEMI DAN SEKOLAH TINGGI BERSERTA JURUSAN & GELARNNYA.


PERBEDAAN UNIVERSITAS, POLIKTENIK, INSTITUT, AKADEMI DAN SEKOLAH TINGGI BERSERTA JURUSAN & GELARNNYA.

Mungkin diantara kita sering binggung tentang sebutan institut atau sekolah tinggi. banyak yang gagal paham tentang sebutan itu. Kita sering berfikir bahwa sebutan itu hanya sekedar nama tanpa arti. Kali ini saya akan membahas tentang perbedaan dari sebutan yang ada di perguruan tinggi berserta jurusan dan gelarnya. Cekidot....

Apa Itu Pendidikan Tinggi
Menurut Undang Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi , Pendidikan Tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor, dan program profesi, serta program spesialis, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia. Pendidikan Tinggi menurut yang menyelenggarakan nya Terbagi atas 2 yaitu, Pendidikan Tinggi Negeri dan Pendidikan Tinggi Swasta.

Jenis Pendidikan Tinggi
Pendidkan Akademik adalah Sistem Pendidikan Tinggi yang mengarah kepada Penguasaan dan Pengembangan sebuah bidang displin ilmu pengetahuan, teknologi dan seni tertentu. Pendidikan Tinggi Akademik mencakup tiga program pendidikan sarjana (S1). Magister/Master (S2) dan Doctor (S3). Lulusan nya akan mendaptkan gelar seperti, Ekonomi (SE) dan Hukum (SH)

Pendidikan Vokasi
Pendidikan Vokasi adalah Sistem Pendidikan Tinggi Yang mengarah kepada penguasaan dan pengembangan keahlian terapan tertentu. Pendidikan Vokasi mencakup program Diploma I (D1), Diploma II (D2), Diploma III (D3) dan Diploma IV (D4). Lulusan nya akan mendapatkan gelar seperti Ahli.Pratama (A.P) , Ahli.Muda (A.Ma) , Ahli Madya (A.Md) dan sebagainya


Pendidikan Tinggi berfungsi
ü  mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa;
ü  mengembangkan Sivitas Akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif melalui pelaksanaan Tridharma; dan
ü  mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai Humaniora.


Pendidikan Tinggi bertujuan

ü  Berkembangnya potensi Mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa;

ü  Dihasilkannya lulusan yang menguasai cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa;

ü  Dihasilkannya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Penelitian yang memperhatikan dan menerapkan nilai Humaniora agar bermanfaat bagi kemajuan bangsa, serta kemajuan peradaban dan kesejahteraan umat manusia; dan

ü  Terwujudnya Pengabdian kepada Masyarakat berbasis penalaran dan karya Penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.


Jenis Jenis Perguruan Tinggi


Universitas

Universitas adalah terdiri dari sejumlah fakultas yang menyelenggarakan sistem pendidikan akademik dan vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Universitas memiliki banyak sekali cabang ilmu yang dipelajari di dalam nya karena tanpa ada batasan rumpun ilmu. Misal nya rumpun Agama ( ekonomi Syariah, ekonomi islam atau ilmu penerangan hindu) atau Rumpun Ilmu Sosial (Sosiologi, Psikologi, Komunikasi, Antropologi).


Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Singkatnya begini, universitas memberikan banyak pilihan program atau bidang ilmu. Bermacam-macam rumpun ilmu bisa didapati dalam satu universitas, (Lihat tabel diatas ). Akan tetapi, ada juga universitas yang memiliki satu atau dua rumpun ilmu saja seperti Universitas Islam atau Universitas Kristen yang mempelajari bidang ilmu dalam agamanya.

Didalam Universitas jenjang waktu belajar nya bervariatif merujuk program apa yang di ambil. Karena seperti yang dijelaskan diatas bahwa universitas memiliki perndidikan akademik maupun vokasi seperti .

Program

o   Diploma I (D1)
o   Diploma II (D2)
o   Diploma III (D3)
Diplom IV (D4)
o   Sarjana (S1)
o   Magister/Master (S2)
o   Doctor (S3)

Contoh Cabang Ilmu yang dipelajari :

Rumpun Ilmu Agama :
1.   Pendidikan Agama Islam
2.   Pendidikan Bahasa Arab
3.   Manajemen Pendidikan Islam.  
4.   Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
5.   Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

Sarjana Pendidikan Islam
Sarjana Pendidikan Islam
Sarjana Pendidikan Islam
Sarjana Pendidikan Islam
Sarjana Pendidikan Islam

S.Pd.I.
S.Pd.I.
S.Pd.I.
S.Pd.I.
S.Pd.I.

                        Rumpun Ilmu Sosial
1. Psikologi
2. Ilmu Komunikasi
3. Ilmu Politik
4. Ilmu Sosiologi

Sarjana Psikologi
Sarjana  Ilmu Komunikasi
Sarjana Ilmu Politik
Sarjana Sosial

S.Psi
S.I.Kom
S.I.Pol
S.Sos

Contoh :
·       Universitas Islam Negeri Raden Fatah
·       Universitas Sriwijaya
·       Universitas Indonesia
·       dll

Baca juga
Daftar jurusan yang ada di indonesia berserta gelarnya

     Institute
Institute  terdiri dari berbagai fakultas yang menyelenggarakan sistem pendidikan akademik dan vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi atau seni. Sama seperti universitas, institut bisa menyelenggarakn dua jenis sistem yaitu akademik dan vokasi.
Terus bedanya dengan universitas? Kalo di universitas memiliki banyak sekali ragam cabang ilmu yang bisa dipelajarari sedangkan institut hanya memiliki satu keilmuan saja. Misal ITB (institut teknlogi bandung) Yang hanya memmpelajari rumpun teknologi atau IPB (Insitut Pertanian Bogor) yang hanya mempelajari dibidang pertanian.

Kampus Institut Teknologi Bandung

Contoh Jurusan Yang dipelajari

Fakultas Pertambangan & Perminyakan
ü  Program Studi Teknik Perminyakan
ü  Program Studi Teknik Pertambangan
ü  Program Studi Teknik Geofisika
ü  Program Studi Teknik Metalurgi
Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam
ü  Program Studi Matematika
ü  Program Studi Fisika
ü  Program Studi Kimia
ü  Program Studi Astronomi

Contoh :
·       Institut Teknlogi Bandung
·       Institut Pertanian Bogor
·       Institut Agama Islam Negeri
·       dll

Sekolah Tinggi
terdiri dari berbagai fakultas yang menyelenggarakan sistem pendidikan akademik dan vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi atau seni. Sama seperti Universitas dan Institut yang menyelenggarakan sistem Akademik dan vokasi.

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

Namun berbeda dengan Universitas dan Institut, Sekolah tinggi hanya terdapat satu fakultas dengan jurusan nya. Misal Fakultas Syariah di Sekolah Tinggi Ilmu Agama (STAIN) hanya memiliki jurusan serupa dengan Fakultas yang ada sepertu Hukum Keluarga Atau Hukum Pidana.
Sama hal nya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yang hanya memiliki fakulas ekonomi dengan jurusan menyerupainya seperti, Akuntansi,Pajak dan Akuntansi Publik.
Contoh :
·       Sekolah Tinggi Akuntansi Negara
·       Sekolah Tinggi Ilmu Statistik
·       Sekolah Tinggi Ilmu Agama
·       Dll

Politeknik
terdiri dari berbagai fakultas yang menyelenggarakan sistem pendidikan dan vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan dan  teknologi. Politeknik atau sering disamakan dengan institut teknologi adalah penamaan yang digunakan dalam berbagai institusi pendidikan yang memberikan berbagai jenis gelar dan sering beroperasi pada tingkat yang berbeda-beda dalam sistem pendidikan.

Politeknik Kesehatan Bandung

Politeknik dapat merupakan institusi pendidikan tinggi dan teknik lanjutan serta penelitian ilmiah ternama dunia atau pendidikan vokasi profesional, yang memiliki spesialiasi dalam bidang ilmu pengetahuan, teknik, dan teknologi atau jurusan-jurusan teknis yang berbeda jenis. Istilah tersebut juga dapat merujuk pada sekolah pendidikan menengah yang berfokus pada pelatihan vokasional. Politekknik memiliki beberapa macam rumpun ilmu yang bisa di pelajari.
Contoh :
·       Politeknik Sriwijaya
·       Politeknik Priwisata
·       Politeknik Kesehatan
·       Dll

Akademi
Sama seperti Politeknik dan Sekolah tinggi yang menyelenggarakan pendidikan Vokasi dalam bidang cabang tertentu. Bedanya kalo di akademi hanya terdapat salah satu cabang ilmu yang bisa dipelajari. Misal Akademi Keperawatan yang hanya mempelajari sepeutar perawatan atau Akademi Serketari dan Manajemen yang dipelajari sesuai cabang ilmu nya.

Akademi Keperawatan

Contoh :
·       Akademi Keperawatan
·       Akedemi Militer
·       Akademi Kebidanan
·       dll







SUMBER






No comments:

Post a Comment