CENDEKIAWAN MUSLIM
Keberhasilan terbesar dari jabir adalah menemukan mineral dan asam, yang pertama kali disiapkan dalam alembic (anbique) miliknya. Penemuannya tentang alembic membuat proses penyulingan menjadi mudah dan sistematis. Diantara berbagai terobosan yang pernah dia lakukan antara lain ramuan dari nitric, hydrochloric, citric dan tartaric acid. Berbagai percobaan yang dilakukan jabir terkenal dan sistematis sehingga dia dijuluki sebagai bapak kimia modern.
A. Jabir Ibn Haiyan/Geber
(Meninggal Tahun 803 M)
Jabir
Ibn Haiyan atau geber merupakan seorang ahli kimia pada jaman pertengahan. Nama
lengkapnya abu musa jabir ibn hayan. Kadang-kadang dia disebut al-harrani dan
al-sufi sebab putra dari druggist (attar). Tanggal kelahirannya yang tepat
menjadi perbincangan, tetapi yang pasti dia mengikrarkan diri menjadi seorang
pelopor dari kalangan ilmuwan ketiika mengadakan penelitan obat-obatan dan
kimia di kuffa (sekarang disebut iraq)
sekitar tahun 776 M. Dia menempuh pendidikan
di bawah bimbingan imam ja’far sadiq dan pangeran dari ummayyah, khalid
ibn yazid. Pada awalnya, dia menangani bidang obat-obatan di bawah dukungan
barmaki vizir selama kekalifahan abbasiyah daru haru al-rasyid. Dia mengalami
bebrapa perubahan karena jatuhnya barmaki dan ditemaptkan dalam rumah penjara
di kufa, hingga akhir hayatanya pada tahun 803 M. Pada awal karirnya dia berada
dibawah kekuasaan barmaki vizir saat kekalifahan abbasiyah dari harun
al-rasyid.
Sumbangan
terbesar dari jabir adalah di bidang kimia. Ia dikenal telah menulis lebih dari
seratus buku lengkap dengan penjelasannya, dan dua pulu dua buku yang membahas
masalah kimia (diambil dari bahasa arab al-kimiya) yang kemudian dijadikan
tonggak sejarah bagi ilmu kimia modern. Meskipun dikenalb sebagai seorang ahli
kimia, dia seolah tidak berusaha
mengejar dengan serius zat-zat logam mulia seperti seorang ahli kimia. Dia
berjuang keras dalam mengembankan metode kimia dasar dan mengamati mekanisme
reaksi kimia yang terjadi. Jabir memfokuskan dalam percobaan dan pengembangan
metode untuk mendapatkan karya yang dapat diproduksi ulang. Dia mengkhususkan
diri dalam usahanya membuat metode kimia dasar dan mempelajari bermacam-macam
reaksi kimia. Hal tersebut membantu pengembangan ilmu kimia sebagai sebuah ilmu
pengetahuhan dari legenda-legenda tentang kimia. Jabir menekankan dalam
berbagai substansi agar dibuat reaksi kimia sehingga dapat membuka jalan untuk
hukum yang tidak dapat dirubah.
Sumbangan
mendasar bagi ilmu kimia dan kesempurnaan ilmu pengetahuhan adalah crystallization (pembekuan) , distillation (penyulingan ) calcination (oksidasi/ pembakaran), sublimation (penyumbliman) dan evaporation
(penguapan) serta mengembangkan beberapa instrumen untuk membuat percobaan
tersebut.
Keberhasilan
terbesar dari jabir adalah menemukan mineral dan asam, yang pertama kali
disiapkan dalam alembic (anbique) miliknya. Penemuannya tentang alembic
membuat proses penyulingan menjadi mudah dan sistematis. Diantara
berbagai terobosan yang pernah dia lakukan antara lain ramuan dari nitric, hydrochloric, citric dan tartaric acid. Berbagai percobaan yang
dilakukan jabir terkenal dan sistematis sehingga dia dijuluki sebagai bapak
kimia modern. Menurut max mayerhaff, perkembangan kimia di eropa dapat
ditelusuri langsung dari jabir ibn haiyan.
Jabir
merupakan pelopor dalam pembuatan beberapa proses kimia terapan.
Karya-karya jabir antara lain pembuatan
besi baja, persiapan berbagai jenis logam, pencegahan karat, penulisan dengan
emas, penggunaan manganese dioxide dalam pembuatan kaca, mewarnai
pakaian dan penyamakain kulit, mengkilapkan pakaian yang tahan air,
pengindentifikasi cat dan minya gemuk. Sebagai tambahan, dia membuat aqua regia untuk melarutkan emas.
Gagasan
percobaan jabir telah memberikan jalan tentang klasifikasi unsur seperti logam,
non logam, dan unsur gas (zat yang mudah menguap). Dia menjelaskan tentang tiga
jenis yang berbeda tergantung dari unsur pendukungya
a.
larutan yaitu zat yang menguap bila dipanaskan, seperti kapur barus, arsenic dan ammonium chloride,
b.
logam seperti emas, perak, timah hitam, tembaga, besi, dan
c.
zat penyusun yang dapat dirubah ke dalam bentuk tepung.
Keragu-raguan
yang sering terjadi adalah apakah karya-karyanya yang corpus merupakan karyanya sendiri atau hanya tambahan dari para
pengikut berikutnya. Sarton menyatakan bahwa nilai yang sesungguhnya karya-karya jabir hanya dapat
diketahuhi melalui buku-bukunya yang telah disusun dan diterbitkan. Berdasarkan
pandangan agama dan filsafat karyanya yang corpus
mendapat banyak kritik karena mereka menginginkan karyanya yang asli. Sumbangan
terbesar jabir pada bidang kimia bukan bidang agama.
Salah
satu karya jabir di bidang kimia adalah kitab al-kimya dan kitab al-sab’in
diterjemahkan dalam bahasa latin pada jaman pertengahan. Terjemahan kitab al-kimya diterbitkan oleh inggris
bernama robert dari chester tahun 1144 M dengan judul the book of the composition of
alchemy. Buku kedua diterjemahkan oleh gerard dari cremona dan terkenal
pada tahun 1187 M.
Berthelot
menerjemahkan beberapa buku jabir dengan judul book if kingdom, book of the balance, book of eastern mercury, hal tersebut membuktikan bahwa dia tidak
menggunakan judul yang asli dari buku-buku jabir. Orang inggris yang bernama
richard russel telah menerjemahkan dan menerbitkan (1678) karya jabir yang lain
berjudul sum of perfection. Dia
menggambarkan jabir sebagai geber, pangeran dan ahli filsafat arab yang paling
terkenal.
Terjemahan
tersebut terkenal di eropa selama beberapa abad dan berpengaruh terhadap
perubahan kimia modern. Beberapa istilah teknik ia perkenalkan misalnya, alkali (zat yang bersenyawa dengan
asam), terdapat dalam berbagai bahasa eropa dan telah menjadi kosa kata ilmiah.
Hanya beberapa buku yang telah diedit dan diterbitkan, sementara lainnya masih ada dalam bahasa arab belum
diterjemahkan. Selain karyanya di bidang kimia dia juga menghasilkan karya di
bidang ilmu lain seperti obat-obatan dan ilmu falak.
Muhammad Bin Musa
Khwarizmi/Algorizm
(770 – 840 M)
Abu
abdullah muhammad ibn musa khwarizmi dilahirkan di khwarizm (kheva), sebuah
kota bagian selatan sungai oxus (sekarang menjadi uzbekistan). Orang tuanya
berpindah ke baghdad ketika dia masih kanak-kanak. Tanggal kelahirannya tidak
dapat diketahuhi. Dia mulai dikenal ketika pemerintahan dipegang oleh khalifah
al-mamum di baghdad pada tahun 813 M – 833 M dan meninggal sekitar 840 M.
Khwarizmi terkenal karena dalam karyanya memperkenalkan konseo matematika
algoritma dan dinamai sesuai dengan namanya.
Khwarizmi
adalah salah satu ahli matematika terhebat yang pernah ada. Dia menciptakan
berbagai cabang bidang matematika berserta konsep dasarnya. Dia juga terkenal
sebagai ahli ilmu falak dan geografi. Pemikiran-pemikiran penulis pada zaman
pertengahan yang paling banyak berpengaruh adalah pemikiran khawarizmi
khususnya di bidang matematika. Penemu aljabar ini tidak hanya menyusun
teorinya dengan sistematis tetapi juga mengembangkanya secara luas dan memberikan
pemecahan dengan menggunankan persamaan linear dan kuadrat. Nama aljabar
diambil dari bukunya yang berjudul al-jabr
wa-al-muqabilah. dia membuat tabel trigonometri secara mendetil yang
berisi calculus dan menemukan representasi geometris dari irisan kerucut.
Pengaruh
khwarizmi dalam perkembangan matematika, ilmu falak dari geografi, tercatat
dalam sejarah. Pendekatannya dianggap sistematis dan logis, tidak hanya membawa
pengetahuhan dalam berbagai cabang ilmu, tetapi juga diperkaya dengan sumbangan
pemikirannya sendiri. Dia memadukan pengetahuhan yunani dan hindu serta
menambahkan pemikirannya sendiri sebagai dasar di bidang matematika dan ilmiah.
Selain itu adalah mengadopsi kegunaan nol, sebagai angka dasar yang terpenting
dan menggunakannya dalam aritmatika dan sistem desimal. Karya-karya yang berupa
sistem angka disebut algoritma atau algorizm. Sebagai tambahan dalam
pengenalan angka arab, dia membuat sejumlah prosedur aritmatika, termasuk cara
melakukan pembagian.
Sebagai
ringkasan di bidang ilmu falak khwarizmi menulis sebuah buku berupa tabel ilmu
falak. Beberapa bukunya diterjemahkan dalam bahasa latin pada awal abad ke-12
oleh adelard dari bath dan gerard dari cremona. Uraiannya di bidang aritmatika,
kitab al-jam’i wal-tafriiqi bil hisabi
al-hindi dan aljabar, al-mawala fi hisab-al jabr wa-al-muqabilah
hanya dapat diketahuhi melalui terjemahannya dalam bahasa latin. Buku tersebut
merupakan terjemahan terbaru yang mengenalkan ilmu baru kepada negaraa barat
dan selanjutnya tidak diketahuhi, buku ini telah digunakan sampai abad ke-16
sebagai buku pedoman dasar matematika pada berbagai universitas di negara
eropa. Tabel ilmu falaknya juga diterjemahkan dalam bahasa- bahasa di eropa dan
cina.
Pemikiran
khwarizmi di bidang georgrafi tidak hanya meluruskan pandangan ptolemy di
bidang geografi tetapi juga memperbaiki sedetil mungkin. Tujuh puluh orang ahli
geografi bekerja di bawah kepemimpinan khwarizmi dan mereka menghasilkan globe (dunia) sebagai peta pertama pada
tahun 830 M. Menurut sejarah, ia diperintahkan khalifa mamum al-rasyid membuat
alat ukur untuk mengukur isi dan lingkaran bumi. Buku geografi yang berjudul
kitab shurat-al-ardh berisi peta bumi
dan hasil pemikirannya yang berhubungan dengan jam, penunjuk waktu berdasarkan
matahari dan astrolabes. Dia juga menulis kitab al-tarikh dan kitab al-ru’yat
(berisi penunjuk waktu dengan pedoman matahari).
Abdul Malik Ibn Quraib Asmai
(740-824)
Asmai
merupakan seorang ahli bahasa yang menyumbangkan ilmunya dalam zoologi, botani,
dan pemeliharaan hewan. Abdul malik ibn al-quraib asmai lahir di basrah tahun
740 M. Dia adalah seorang keturunan arab yang saleh dan seorang murid cerdas
khususnya dalam puisi – puisi arab. Asmai diyakini sebagai ilmuwan islam
pertama yang menyumbangkan ilmunya dalam bidang zoologi (ilmu mempelajari
tentang hewan), botani (ilmu tentang tumbuh-tumbuhan) dan perternakan.
Tulisannya yang terkenal berjudul kitab al-ibil,
kitab al-khalil, kitab al-wuhush, kitab al-sha, dan kitab khalq al-insan.
Keahliannya dalam hal anatomi manusia ia perlihatkan dalam karya terakhirnya
yang menguraikan masalah mendetil. Asmai meninggal tahun 828 M.
Abu Ali Al-Husain
Ibn Abdullah Ibn Sina
Ibn
sina lahir tahun 980 M di desa afshana dekat bukhara sekarang berada di sebelah
selatan rusia. Ayahnya bernama abdullah seorang yang peduli terhadap aliran
ismaili, berasal dari balkhan dan ibunya berasal dari sebuah desa dekat
bukhara.
Ibn
sina dikenal di barat sebagai avicenna
seorang raksasa di antara para raksasa. Kehebatan intelektualnya terlihat
ketika berusia sepuluh tahun sudah menguasai al-quran dan huruf arab klasik.
Sepuluh tahun kemudian dia mengabdikan diri dalam yurisprudensi islam, ilmu
alam, filsafat, logika, dan ilmu ukur, serta almeagest.
Pada
usia delapan belas tahun dia mendapatkan gelar dokter dan diundang untuk hadir ke semani dipimpin oleh
Nuh ibn mansur (976 – 997 M). Dia sangat berterima kasih atas pelayanan raja
mansur yang mengijinkannya untuk menggunakan perpustakaan kerajaan dengan
bebas. Imuwan muslim ini mampu menyerap dan menyimpan semua ilmu pengetahuhan
yang ada di perpustakaan hingga terbitlah bukunya yang pertama.
Pada
waktu yang sama ayahnya meninggal kemudian ia pergi meninggalkan bukhara dan
mengelana ke barat. Untuk sementara waktu dia bekerja di bawah kekuasaan ali
ibn ma’mun pemimpin khiva tetapi tidak lama kemudian ia diminta pergi untuk
menghindari agar tidak diculik sultan mahmud di ghazna. Setelah beberapa waktu
menggelana, dia pergi ke jujan daerah dekat laut kaspia karena tertarik dengan
keterkenalan seorang pemimpin pendukung dunia pendidikan yang bernama qabus.
Al-qfti
menyatakan bahwa ibn sina menyelesaikan 21 karya besarnya dan 24 karya kecil di
bidang filsafat, obat-obatan, teologi, geometri, ilmu falak dan sejenisnya.
Sumber lain (brockelman) menambahkan 99 buku sebagai hasil karya ibn sian yang
terbagi dalam 16 buku di bidang
obat-obatn, 68 dibidang teologi dan metafisika 11 buku dibidang ilmu
falak serta 4 buku berisi kumpulan bait puisi. Ibn sina merupakan ilmuwan
pertama yang menguraikan gambar yang berbentuk grafik dan bagian-bagian organ
dalam mata, seperti conjuctive sclera (bagian menyelubungi permukaan
mata), cornea (biji mata), choroid, iris, retina,layer lens, aqueous
homour, optic nerve (syarat mata) dan optic
chiasma (lensa pembalik).
Ibn
sina menyumbangkan pemikirannya pada bidang matematika, fisika, musik, dan
bidang-bidang lain. Dia melakukan berbagai pengamatan dalam bidang ilmu falak
dan menemukan sebuah alat yang sejenis dengan skala vernier yang berguna untuk meningkatkan ketepatan. Sumbangannya
dibidang fisika adalah menyusun hasil penelitian tentang energi, panas ,
cahaya, dan mesin dengan menggunakan konsep tekanan, ruang hampa, dan
lain-lain. Berdasarkan hasil penelitian ia menyimpulkan bahwa sinar tergantung
jumlah partikel yang ada pada sumber cahaya sehingga kecepatan cahaya itu dapa
ditentukan.
Abu Abdullah Al-Battani/
Albategnius
(858 – 929 M)
Al-battani
dikenal dibarat dengan nama albategnius
dan merupakan ahli ilmu falak dan ahli matematika. Dia dikenal sebagi astronom
besar pada zamannya pada zaman pertengahan. Abu abdullah muhammad ibn jabir ibn
sinan al-battani lahir sekita tahun 858 M di harran dan menurut beberapa orang
lahir di battan. Al-battani mendapatkan pendidikan pertama kali dari ayahnya
jabir ibn sin’an al-battani yang juga ilmuwan terkenal.
Al-battani
melakukan penelitian dan pengamatan di al-raqqah dari tahun 877 sampai tahun
929 dan menemukan beberapa hal penting dibidang ilmu falak. Prof. Philip hitti
karya ptolemy dan memperbaiki perhitungan orbit bulan dan planet tertentu. “Dia
juga menyatakan kemungkinan terjadinya gerhana matahari tahunan dan menentukan
pergantian musim dengan ketepatan yang lebih akurat, menentukan ketepatan
rata-rata orbit benda-benda langit, lama tahun dan ketepatan musim tropis serta
rata-rata orbit matahari”.
Perbaikan
kalkulasi yang akurat berdasarkan perhitungan tahun matahari yaitu 365 hari, 5
jam, 46 menit dan 24 detik. Berdasarkan perhitungan ptolemy dia menemukan bahwa
garis buku dari apogee matahari telah meningkat 160 47’. Hal ini
merupakan penemuan penting tentang gerak putaran matahari dan variasinya serta
persamaan waktu. Dia tidak mempercayai trepidation
(rasa takut) namun ia percaya tentang
equnoxes (waktu malam dan siang sama panjang), meskipun copernicus,
beberapa abad sebelumnya telah mengumakkan tentang kesalahan pemikiran
tersebut.[1]
No comments:
Post a Comment