MENGENANG SEJARAH MELALUI CEREMONY PERINGATAN HARI PAHLAWAN Kartika Indasari (Global), Irmanda Ayu Resta (Grow), Amalia Padhilla (Garing), Shinta pratami (Geokimia) - pemuda bebas berkarya

Breaking

post

recent/hot-posts

Sunday, June 14, 2020

MENGENANG SEJARAH MELALUI CEREMONY PERINGATAN HARI PAHLAWAN Kartika Indasari (Global), Irmanda Ayu Resta (Grow), Amalia Padhilla (Garing), Shinta pratami (Geokimia)


MENGENANG SEJARAH  MELALUI CEREMONY
PERINGATAN HARI PAHLAWAN
Kartika Indasari (Global), Irmanda Ayu Resta (Grow), Amalia Padhilla (Garing), Shinta pratami (Geokimia)

Pahlawan berasal dari bahasa sanskerta yaitu “Pahalawan” berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah yang berkualitas bagi bangsa, negara, agama, dan orang yang menonjol. Karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenarannya atau pejuang yang gagah berani. Tokoh-tokoh pahlawan nasional yang berperan dalam pembelaan negara Indonesia, diantaranya :Sudirman, Hasyim Asyari, Pangeran Diponegoro, Ki Hadjar Dewantara, Bung Tomo, Imam Bonjol, R.A Kartini, Kapitan Pattimura, Cut Nyak Dien, Raden Dewi Sartika, Sultan Hasanuddin, Tan Malaka, Martha Christina Tiahahu, Mohammad Hatta, Soekarno. Ada yang mengatakan bahwa bangsa indonesia merupakan bangsa yang pelupa sehingga generasi muda sekarang lupa akan perjuangan para pahlawan dalam memerdekaan Indonesia, seharusnya kita harus menghayati nilai-nilai perjuangan yang diperankan oleh pahlawan baik itu dalam bentuk sikap, perlakuan atau pikiran yang dituangkan. 10 November diperingatu bangsa indonesia sebagai Hari Pahlawan, sebagai hari dimana masyarakat Indonesia mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah bersusah payah memerdekakan Indonesia. Hari Pahlawan bisanya deiperingati dengan melakukan Ceremony atau upacara bendera dan ziarah ke makam pahlawan. Selain bertujuan untuk mengenang juga sebagai metode belajar atas keberadaan pahlawan Indonesia.
Upacara adalah salah satu kegiatan untuk melestarikan atau memperingati hari pahlawan serta mengenal sejarah para pahlawan yang telah memerdekakan negara. Prosedur dalam pelaksanaan upacara yaitu:
1.      Pengibaran bendera merah putih
Dengan adanya pengibaran bendera merah putih, kita dapat menghormati jasa para pahlawan Indonesia yang telah memperjuangkan kemerdekaan, kemudian menjunjung tinggi rasa cinta terhadap tanah air.
2.      Mengheningkan cipta
Dengan mengheningkan cipta, bermakna untuk mengenang jasa pahlawan dan mendoakannya serta menghormati para pahlawan yang telah mendahului kita.
3.      Pembacaan UUD 1945
Pembacaan undang-undang dibacakan karena undang-undang mengandung nilai-nilai yang harus dijunjung tinggi oleh rakyat Indonesia dan undang-undang merupakan filsafah, pedoman, serta dasar-dasar kebangsaan dan kenegaraan yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Pembacaan Pancasila
Pancasila merupakan ideologi dasar dalam kehidupan bagi negara Indonesia. Pancasila sendiri merupakan fondasi atau pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.
Tidak hanya sebagai mediator mengenang jasa para pahlawan upacara bendera juga bisa menumbuhkan sikap sosial terhadap sesama, dan dalam melaksanakan upacara itu bisa memperkuat tali silaturahmi, karena pelaksanaan upacara itu dilaksanakan secara bersama-sama, sehingga timbul rasa sosial. Dan juga bisa menimbulkan rasa menghormati guru karena mereka adalah salah satu pahlawan yang berjasa dengan memberi ilmu tanpa mengharapkan balasan.
Maka dari itu pelaksanaan upacara bendera pada hari Pahlawan tidak hanya bertujuan untuk mengenang atau memperingati pahlawan yang telah berjuang dalam memerdekakan bangsa indonesia. Dari pelaksanaan upacara itu juga banyak mengandung nilai moral serta bisa meningkatkan sikap nasionalisme dan kebersamaan.

No comments:

Post a Comment