UNIVERSITAS TERBAIK DI DUNIA, INDONESIA NOMOR BERAPA YAH? - pemuda bebas berkarya

Breaking

post

recent/hot-posts

Sunday, July 22, 2018

UNIVERSITAS TERBAIK DI DUNIA, INDONESIA NOMOR BERAPA YAH?

universitas terbaik di dunia, indonesia nomor berapa yah?

Dewasa ini, banyak dari sebagian calon-calon mahasiswa indonesia memimpikan untuk menempuh pendidikan di universitas terbaik. Bahkan untuk menjalani tes masuk univesitas tersebut seorang pelajar mempersiapkan nya dengan belajar di lembaga non formal seperti bimbel.                                                                                                              Menurut mereka salah satu faktor sukses atau berhasilnya untuk mendapatkan sebuah pekerjaan di tunjukan dengan dimana dia kuliah. Anggapan itu lumrah terjadi di indoensia dikarenakan tidak merata nya kualitas pendidikan di indonesia.kemudian juga hampir semua pelajar indonesia berangapan bahwa jika universitas di luar negeri lebih baik ketimbang di indonesia.
Berikut penulis akan menjelaskan tentang 7 universitas terbaik dunia yang mungkin menjadi referensi anda



1. massachuesetts institute of technology (MIT), USA

Berlokasi di negara amerika serika yang di bangun tahun 1861 yang merupakan institusi riset swasta. Terletak di kota cambridge massachusetts di seberang sungai  charles. MIT mengebangkan cabang seperti manajemen, ekonomi, ilmu politik, dan boilogi dalam kurun 60 tahun belakangan ini.

MIT terpilih ke dalam asosiasi universitas amerikas serika tahun 1934 dan berperan sebagai  universitas riset dengan  tingkat aktifitas penelitian yang tinggi. prestasi yang pernah diraih  oleh universitas massachusetts institute of technology sangatlah banyak, seperti memiliki 81 pemenang nobel, 52 ilmuwan peraih national medal of science, 45 orang peraih rhodes sholars, 38 orang meraih macarthut fellows. Univesitas massachusetts instutute of technolgy memiliki kontribusi yang nyata dalam perkembangan yeknlogi, salah satunya adalah dibidang militer.

Universitas massachusetts institute of technology ikut dalam penelitianmiliter selama perang dunia II . para insinyur berkumpul  di laborarium radiasi massachusetts institute of technology untuk membantu militer inggris mengembangkan microwave radar, giroskop, sistem kontrol untuk gunsight, bomsight, navigasi inersia, dan saat ini masih mengembangkan rudal balistik dan satelit apollo
giroskop adalah roda berat yang berputar pada jari-jarinya


fakultas/sekloah /departemen

1. the departemen of architecture, 
2. the departemen of urban studies and planing
3. the media laboratory
4. the center for real estate dan the program in art
5. culture and technology

program pasca sarjana

1. master of science (MS)
2. doctor of philosophy (PhD)
3. doctor of science (ScD)
4. master of artsitek (March)
5. etc

almuni 

1. kofi annan (sekertaris umum PBB 1997-2006)
2.  richard feynamn (pendiri huffington post)
3. shirley ann jackson (ketua  komisi regulator nuklir)
4. buzz aldrin (astronot)




2. standford university, USA
Standford university berlokasi di silicon valley di negara amerika serikat. Dikutip dari IDN TIMES  merupakan universitas terbaik kedua setelah massachusetts institute of technology. Universitas standford terdiri atas sekolah/fakultas teknik, hukum, kedokteran, pendidikan, bisnis, ilmu bumi, dan humaniora serta sains.

Luas dari universitas stanford adalah 32 km2. Pada saat pertama kali dibangun, stanford menghadirkan presiden dari massachusetts institute of technology francis amasa walker dan arsitek terkemuka boston frederick law olmsted ke panta barat untuk meberikan konsultas karena kondisi geografi yang berbukit-bukit.
Universitas standford memiliki motto yaitu “die der freiheit” yang berarti “ angin kebebasan berhembus”. Uniknya standford universty merupakan universitas swasta.

 Berbeda dengan universitas terbaik indonesia yang di dominasi oleh universitas negeri. Universitas standford memiliki kampus terbesar kedua didunia tak heran kenapa dia menjadi yang terbaik.


Pada awal berdirinya universitas stanford didirikan oleh pimpinan partai republik bernama leland standford yang kemudia namanya diabadikan menjadi nama universitas.


Fakultas di universitas standford
1. Sekolah Humaniora dan Sains, Sekolah Teknik, Sekolah Ilmu       Kebumian,
2. Sekolah Pendidikan, Sekolah Bisnis Pascasarjana,
3. Sekolah Hukum Stanford
4. Dan Sekolah Kedokteran Universitas Stanford.

5. Sekolah-sekolah tersebut menawarkan program-program sarjana dan pascasarjana di berbagai bidang


3. havard university
Havard university merupakan salah satu universitas terbaik dunia. Universitas havard didirikan di amerika serika pada 8 september 1936 .Awal universitas havard univesity bernama new college. Menurut hotcourse bahwa universitas havard menempati posisi 3 dunia. Walaupun 2 tahun terakhir sempat menurun dari posisinya. Universitas havard memiliki kantin yang sangat unik dan berbeda dari universitas lainnya. Kesan kantin yang luas dan berarsitektur modern dan klasik membuatnya menjadi universitas favorit di dunia.  
 
kantin universitas havard
Banyak orang Amerika yang penasaran untuk mengunjungi megahnya kantin Universitas Harvard. Megahnya sebuah kantin universitas serta desainnya yang unik dan classy  membuat tempat ini begitu terkenal dan fenomenal. Universitas juga Harvard memiliki museum seni yang dikhususkan untuk menyimpan benda – benda kesenian kuno atau bersejarah. Harvard Art Museum terletak di Boston.



Universitas Harvard kini mempunyai 9 fakultas, diurutkan di bawah ini menurut masa didirikan:

Harvard Faculty of Arts and Sciences dan subfakultasnya, Harvard Division of Engineering and Applied Sciences]], yang bersama-sama meliputi:
1.   Harvard College, yang adalah bagian pascasarjana Universitas ini (1636)
2.   Harvard Graduate School of Arts and Sciences (1872)
3.   Harvard Division of Continuing Education, termasuk Harvard Extension School dan Harvard Summer School
4.   Fakultas Kedokteran, termasuk Harvard Medical School (1782) dan Harvard School of Dental Medicine (1867)
5.   Harvard Divinity School (1816)
6.   Harvard Law School (1817)
7.   Harvard Business School (1908)
8.   Harvard Graduate School of Design (1914)
9.   Harvard Graduate School of Education (1920)
     10 .Harvard School of Public Health (1922)
11. Kennedy School of Government (1936)

4. Universitas di indonesia
Saat ini anggaran untuk pendidikan indonesia setiap tahun meningkat. Namun nyata nya pendidikan di indonesia masih rendah di antara negara – negara asia tenggara. Tidak merata nya sistem pendidikan di ndonesia membuat terjadi namanya ketimpangan pendidikan.
 Disisi lain juga universitas- universitas terbaik indonesia seperti universitas indonesia atau universitas gajah mada belum bisa bersaing atau mengungguli universitas di asia tenggara.
 Menurut data http://www.webometrics.info/en/Asia menunjukan bahwa universitas seperti UI berada di posisi 888 dibawah universitas teknologi malaysia 569 dunia. Sedangkan National university of  singapore berada di rangking 50 dunia.

Kemudian universitas lainnya seperti universitas gadjah mada menempati urutan ke-924 dunia.  




No comments:

Post a Comment