ISTILAH – ISTILAH YANG ADA DI DUNIA PERKULIAHAN – MAHASISWA BARU WAJIB TAU - pemuda bebas berkarya

Breaking

post

recent/hot-posts

Monday, July 15, 2019

ISTILAH – ISTILAH YANG ADA DI DUNIA PERKULIAHAN – MAHASISWA BARU WAJIB TAU




ISTILAH – ISTILAH YANG ADA DI DUNIA PERKULIAHAN – MAHASISWA BARU WAJIB TAU

Kali ini kita akan membahas mengenai istilah istilah apa yang sering kalian denger sebelum kuliah atau pas SMA. Pasti kalian pernah denger dari saudara kalian atau kakak kalian yang telah lebih dulu masuk di dunia perkuliahaan seperti MK,SKS,PPL,KKN Dan sebagainya. Nah bro and sis untuk mahasiswa baru yang mungkin sudah daftar di universitas atau perguruan tingkat setara atau  dibawahnya, berikut adalah istilah istilah yang ada di perkuliahan :

1. Mata Kuliah (MK)

Mata Kuliah atau MK adalah sebuah ilmu yang kalian pelajari di perkuliahan gengs. Mata kuliah ibarat kalian dulu pas waktu masih SMA belajar Matematika, Fisika , Biologi , dan lainnya. Beda nya kalo pas di SMA hanya ada 2 Golongan Penjurusan gengs Misal kalo yang IPA belajar Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia dan kalo IPS belajar Ekonomi, Akuntansi, Sosiologi, Geografi  dan Sejarah. Nah kalo di perkuliahan beda tipis sama di SMA . Beda nya Setiap Jurusan pasti beda bro/sis Mata kuliah nya. Tergantung kurikulum yang ada di setiap jurusan gengs. Kan gak lucu kalo jurusan kedokteran belajarnya ekonomi makro kan gengs kwkwk

Contoh Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi
No
Mata kuliah
SKS
1
Pengantar Jurnalistik

2
2
Teori Komunikasi

3
3
Sistem Komunikasi Indonesia

2
4
Komunikasi Antar Pibadi
2
5
Manejemen Media Massa
3


2. Sistem Kredit Semester (SKS)
Sistem Kredit Semester (SKS) adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi mahasiswa. Nah simpel nya gengs bahwa SKS itu kayak Nilai sebuah Mata kuliah. Jadi sebuah MK itu berbeda SKS Nya dengan MK yg lain. Tujuan nya adalah agar kita dimudahkan untuk menyelesaikan studi dengan baik. Baca lebih banyak

3. PPL (PRAKTEK PROFESI LAPANGAN) atau Magang

PPL adalah sebagai upaya untuk mewujudkan praktek nyata di lapangan dari teori teori yang dipelajari  selama di perkuliahan. Singkatnya kalian diberi kesempatan untuk melihat dan  mempraktekan apa yang kalian pelajari di dunia luar kampus gengs.

4. KKN

Kuliah kerja nyata atau KKN masuk dalam kegiatan pengabdian masyrakata. Kegiatan ini merupakan salah satu dari Tris dharma Perguruan Tinggi Civitas Aademika. Bentuk kegiatan ini terstruktur, kelompok, mandiri, atau ekuivalensi/alih kredit. Cara mudah memahaminya adalah bagaimana kita mengimplementasikan apa yang kita telah pelajari di perkuliahan untuk masyarakat sekitar. Terus bedanya dengan PPL apa ? kalo PPL bersifat Praktek juga tetapi sifat nya adalah pembelajaran.

5. Skripsi

Adalah tahapan ujian yang terdapat di Sarjana (S1). Kalo tesis tahapan ujian di Magister (S2). Kemudian disertasi adalah tahapan ujian di Doctor (S3). Skripsi adalah sebuah hasil buah pemikiran yang dituangkan dalam penelitian di lingkungan dan kondisi sehari hari. Skripsi adalah bagian terakhir dari  Studi yang dijalani oleh seorang sarjana.

6. Stop Out dan Drop Out (DO)

Keduanya memiliki arti sama yaitu tidak lagi kuliah atau berhenti melakukan kegiatan perkuliahan. Bedanya adalah alasan berhenti dan sebabnya. Kalo Stop Out adalah kita yang mengajukan untuk berhenti sementara dan bisa sewaktu waktu kuliah kembali seperti biasa.
Sifatnya hanya sementara, tergantung kapan kita mau mulai belajar lagi. Sedangkan, Drop Out adalah pihak kampus yang mengeluarkan kita karena melanggar peraturan kampus atau negara dan tidak tercapainya standar akademik kampus. Artinya nilai bro/sis dibawah rata rata minimum .

7. Semester

adalah perhitungan waktu selama kuliah. Seperti hal nya Sma ada semester ganjil dan genap. Tetapi bedanya kalo di Sma hanya sampai Hitungan 2 kemudian mulai lagi dari awal. Jika kuliah semester dumulai dari 1,2,3,4 ....sampai kita menyelesaikan studi yang telah ditetapkan.




No comments:

Post a Comment