Biografi Yaqub Ibn Ishaq aI-Kindi ( 800 873 M ) - pemuda bebas berkarya

Breaking

post

recent/hot-posts

Sunday, August 4, 2019

Biografi Yaqub Ibn Ishaq aI-Kindi ( 800 873 M )



Yaqub Ibn Ishaq aI-Kindi ( 800 873 M )

Abu Yusuf Yaqub Lbn Lshaq Al-Kindi lahir di Kufa sekitar tahun 800 M. Ayahnya salah satu pegawai kerajaan Harun Ai-Rasyid. Al-Kindi sejaman dengan Alma'mun, Al-Mu'tasim Dan Al-Mutawakkil. Penduduk Baghdad hampir semuanya mengenal mereka. Pada awalnya dia bekerja pada Mutawakkil sebagai seorang ahli kaligrafi. Beberapa pandangan filsafatnya membuat Mutawakkil jengkel dan menyembunyikan semua buku-bukunya walaupun, buku-buku tersebut akhirnya dikembalikan. Dia meninggal tahun 873 M selama masa pemerintahan Al-Mutamid.

Al-Kindi merupakan seorang Ahli Filsafat, Matematika, Fisika, Geografi, Dokter dan Musik Hal yang mengejutkan ketika dia memberikan sumbangan untuk semua bidang tersebut. Melalui karya-karyanya dia terkenal sebagai Ahli Filsafat di negara Arab.

Di bidang matematika, dia menulis empat buku mengenai sistem penomoran dan digunakan sebagai arimatika modern. ada hal yang diragukan bahwa sistem penomoran sebagian besar dibuat oleh Al-Khawarizmi tetapi sumbangan yang diberikan al-Kindi di bidang ini tidaklah sedikit. Dia mempunyai pemikiran yang cemerlang di bidang geometri lingkaran sehingga membantunya dalam mempelajari Ilmu Falak.

Dalam bidang kimia, dia menentang pemikim mengenai logam dasar yang tidak dapat diubah menjadi logam berharga Hal tersebut bertentangan dengan pemikiran para ahli kimia pada waktu itu. berpendapat bahwa reaksi kimia tidak dapat membawa perubahan unsur. Dalam bidang Fisika, dia menyumbang ilmu optik geometri dan ditulisnya menjadi sebuah buku. Buku itu akhirnya menjadi panduan dan sumber inspirasi bagian dari kimia seperti Roger Bacon.

Dalam bidang obat-obatan, AL-KINDI merupakan orang pertama yang menemukan secara sistematis tentang dosis obat yang harus diberikan pada pasien Hal ini merupakan jawaban atas permasalahan yang diperdebatkan para dokter selama ini yaitu berapa dosis yang harus digunakan pasien sehingga mempermudah dalam menulis resep.
Tidak semua orang dapat memahami musik secara ilmiah pada jamannya Dia menyatakan bahwa berbagai nada yang digabungkan dapat menghasilkan dasar dalam ilmu aritmatika modem.

 Sekarang tidak keselarasan, dan masing-masing mempunyai aliran khusus. Maka, nada yang terlalu rendah atau terlalu tinggi satu tingkat biasanya tidak enak didengar. Tingkat keselarasan tergantung dalam frekuensi nada, dan lain lain. Dia juga menunjukkan tentang bagaimana suatu suara dihasilkan dan dapat menimbulkan gelombang di udara sampai diterima oleh gendang telinga. Karyanya di bidang musik membahas notasi untuk menentukan tingkatan nada.

Al-Kindi merupakan seorang penulis yang produktif, jumlah buku yang telah ditulis berjumlah 241 judul. Buku-buku tersebut dibagi sesuai dengan bidang ilmu dengan perincian, buku di bidang ilmu falak 16 judul, Aritmatika 11 judul, Geometri 32 judul, obat-obatan 22 judul, Fisika 12 judul, Filsafat 22 judul, Logika 9 judul, Psikologi 5 judul, dan musik 7 judul.

Sebagai tambahan, berbagai monograf: yang dia tulis membahas asal mula, alat-alat ilmu falak, batu batuan, batu berharga, dan lain-lain. Dia merupakan penerjemah pemula dari bahasa Yunani ke dalam bahasa Arab, tetapi hal ini sebagian besar tertutup oleh karya-karya aslinya. Kebanyakan buku-bukunya tidak dapat bertahan lama, namun keberadaannya telah memperlihatkan kedalaman ilmunya yang luas sehingga sumbangan karyanya sangat bermanfaat.

Dalam bahasa Latin dia dikenal dengan nama alkindus dan beberapa bukunya telah diterjemahkan dalam bahasa Latin oleh Gherard dari Cremona. Karyanya yang diterjemahkan dalam bahasa Latin pada jaman pertengahan adalah Risalah dar Tanjim, Ikhtiyarat al-Ayyam, IIahyat-Aristu, al-Musiqa, Mad-uJan; dan Aduiyah Murakkaba.



Pengaruh al-Kindi dalam perkembangan pengetahuan dan filsafat sangat penting untuk pembaharuan ilmu pada periode tersebut. Pada jaman pertengahan, Cardano meyakini bahwa dia merupakan salah satu dari dua belas pemikir besar. Terbukti beberapa karyanya telah mendorong perkembangan ilmu selanjutnya dalam berbagai bidang selama berabad-abad, khususnya di bidang ilmu fisika, matematika, obat-obatan dan musik.

No comments:

Post a Comment